Manajemen Pemasaran Global adalah disiplin ilmu
universal dapat diterapkan dimana saja kebiasaan pemasaran bervariasi dari satu
negara ke negara lain. Konsep Pemasaran adalah fokus dari produk ke pelanggan dengan
tujuan laba dgn konsep yang lebih luas mencakup seluruh bauran pemasaran.
Tiga
Prinsip Pemasaran
o
Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai
o
Keunggulan Kompetitif atau Diferensial
o
FokusPentingnya Pemasaran Global
Pemasaran
global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah perusahaan
terhadap peluang pemasaran global. Pemasaran global saat ini dibentuk oleh
pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
Hal yang mendorong
-
kebutuhan dan keinginan pasar
-
teknologi
-
perbaikan transportasi
-
biaya
-
kualitas
-
perdamaian global
-
pertumbuhan ekonomi dunia
-
mengenali peluang untuk mengembangkan
daya tuas secara global
Hal yang menghambat
-
perbedaan pasar
-
kecadokan manajemen
-
budaya organisasi
-
kendali nasional
Konsep
Pemasaran Global
1. Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Ada perbedaan antara kebutuhan,
keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia
merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Keinginan adalah hasrat akan pemuas
tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan
institusi sosial. Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan
kemampuan serta kesediaan membelinya.
2.
Produk
adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
pelanggan.
3.
Nilai,
Biaya dan Kepuasan Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total
suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya Setiap produk memiliki kemampuan
berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk
mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi. Nilai setiap produk
sebenarnya tergantung dari seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk
ideal, dalam ini termasuk harga.
4.
Pertukaran,
Transaksi dan Hubungan Kebutuhan. Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan
suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai
gantinya. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian sesaat. Transaksi
merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi,
maka hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor,
penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis clan sosial yang
kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap
kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan
menjanjikan serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajar
secara kesinambungan.
5.
Pasar
terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan
tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan
penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
6.
Pemasaran
dan Pemasar. Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar,
pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang
mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran
adalah orang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan
sesuatu yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari
pertukaran daripada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak
kedua adalah calon pembeli.
Segmentasi
Pasar Global
Segmentasi
Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang
berbeda yangg mungkin menghendaki bauran produk atau pemasar yang terpisah
§ Pemasaran Massal (Mass Marketing):
penjual memproduksi, mendistribusi- kan, dan mempromosikan secara massal sebuah
produk kepada seluruh pembeli.Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial
terbesar, biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih
tinggi.
§ Pemasaran Segmen : Peursahaan
menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku
pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar
dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu
atau beberapa segmen.
§ Pemasaran Ceruk Berfokus pada
subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang
didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu
segmen menjadi beberapa subsegmen
§ Pemasaran Mikro : Praktik
penyesuaian produk dan program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau
lokasi tertentu.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar